Saturday, April 02, 2011

Mari menikmati alam negara Singa

Siapa bilang di Singapura melulu gedung-gedung pencakar langit dan shopping mall. Mari kita menikmati alam di negara kecil ini.

Sungei Buloh

Taman nasional ini berada di barat laut Singapura. MRT terdekat adalah Kranji, setelah itu pengunjung harus mengambil bus, entah paid shuttle bus (yang mahal menurut kami) atau bus biasa. Bus biasa di akhir minggu tidak akan masuk ke lokasi, jadi diperlukan jalan kaki cukup panjang (apalagi di hari terik, weh).

Sekilas:
- Harga masuk 1 SGD (Rp 6500-7000).
- Fasilitas di gedung masuk utama berupa kantin, vending machine, ruang audio visual, ruang pameran (mini   musuem), ruang baca, toilet.
- Terdapat mesin air minum dingin (cooling water) gratis di beranda ruang pameran.
- Sepatu kets dianjurkan, terutama musim hujan. Tapi sejelek2nya jalan berlumpur di sana, masih berupa jalan berkerikil dan rata adanya (ck, kurang menantang emang).
- Selama berjalan, tak jarang kami menemui monitoring lizard segede gaban. Sekilas mirip komodo mini tapi bukan lah. Mereka sedang asik berjemur sinar mentari.

Selengkapnya bisa dibaca semua di websitenya .
Tips: bagi yang suka hunting foto, siapkan kamera tele nya :)


MacRithie Water Reservoar

Bendungan air terbesar di Singapura ini dikelilingi hutan dengan area sangat luas. Paru-paru negara ini menjadi favorit warga Singapura untuk berhiking atau berjogging ria. Tak lupa, bendungannya dimanfaatkan untuk olahraga air seperti kayaking.
Sekilas:
- biaya masuk : free
- Mari bermain kayaking! Biaya sewa kayaking sekitar 15 sgd /kayak/jam. Cukup mahal sih, hiks. Dan area utk bermain kayak sangat terbatas jadi dalam hitungan 10-15 menit bosan sudah. :p Ini dikarenakan standar kemanan yang benar-benar diterapkan. Bahkan di laut lepas dibutuhkan lisensi berkayak.
Jadi kayaking di sini lebih ke pada olah fisik, bukan sight seeing. Disarankan mengambil 2 in 1 kayak, supaya bisa saling mengobrol.
- Siapkan waktu dan fisik jika mau berhiking ria. Pahami rute betul2 sehingga tidak berputar-putar di dalam (saking luasnya).

Selengkapnya bisa dibaca di websitenya dan di wiki.

 
 

Pulau Ubin

Sekilas:
- Biaya ferry 2,5 Sgd/jalan.
- Mari bersepeda dan makan seafood!
Sewa sepeda sekitar 10 sgd/jam. Bole ditawar2 sih, harga dibuka sekitar 18an.
Kami tak jadi menjajal seafood yang katanya lebih murah daripada di pulau Singapura, terlalu capek dan panas membuat nafsu makan kami berkurang.
- Kami menuju Chek Jawa. Setelah memparkir sepeda kami di tempat yang disediakan (tempat parkir dengan gembok roda), kami jalan menikmati pinggiran laut dan hutan mangrove. 

Selengkapnya baca di sini.


Taman2 kota di banyak area se-Singapura cukup menyenangkan, sebut saja Botanical Garden dan Toa Payoh Town Park. Saya tidak menganjurkan Chinese Garden yang "gundul" dan panas. Nothing to be seen actually. Just a hot n humid weather n non that artistic chinese pagodas.

0 Comments: