Wednesday, December 02, 2009

Pulau Sempu (2) review...

15 November 2009

Pagi ini hari Minggu, Pukul 08.45 WIB kami berangkat dari Kota Malang. Dan kami berharap sebelum pukul 12.00 WIB agar bisa menyeberang ke Pulau Sempu yang termasuk pulau untuk Cagar Alam. Namun kenyataannya kita berhasil mencapai tempat wisata Sendang Biru kira-kira Pukul 13.00 WIB ini dikarenakan jalan di daerah Dampit ada penutupan jalan sehingga jalan di alihkan dan kita tidak hafal jalan disana, tersesatlah kita sejauh 40 Km ke arah Lumajang.

Liburan ke P. Sempu sejak 2 tahun terakhir ini (yang saya dengar) lebih mudah, tinggal beli tiket, bayar Perahu, dan jika kurang paham navigasi jalan setapak di Sempu kita dapat booking nelayan untuk mengantar kita ke tempat-tempat menarik yang ada. Untuk itu saya ingin membuktikannya. Berbeda dengan beberapa tahun lalu tepatnya Juli 2004 saya pernah bermalam 2 malam di P. Sempu. Saat itu tujuan kita memang untuk explore P Sempu, perijinan yang kami urus sangat berbelit namun sesuai dengan yang kami harapkan, kami mengunjungi hampir semua tempat menarik di pulau itu.

Harga tiket untuk masuk ke tempat wisata P Sempu adalah Pengunjung Rp. 1.000/org, Camping Rp. 4.000, Roda 2 Rp. 1.000, Roda 4 Rp. 1.000, dan Roda 6 Rp. 2.000. Tapi ini adalah tiket masuk di sisi Pulau Jawa karena disini juga pantai ya semacam Pantai Ria Kenjeran. Namun disini masih jauh lebih bersih. Untuk biaya kapal ada 2 paket, 1 biaya hanya untuk menyeberang ke P. Sempu Rp. 100.000 dan untuk mengelilingi pulau Rp 300.000 (masih bisa di nego menjadi Rp. 250.000). Jika ingin menghemat biaya kapal kita dapat mencari keluarga-keluarga atau rekan-rekan yang bertujuan sama dengan kita agar biaya lebih murah alias urunan.

Dari informasi yang kami dapat wisatawan domestik banyak meluangkan waktu bermain ke tempat wisata ini pada hari Jumat sampai Minggu, untuk wisatawan mancanegara biasanya pada hari Selasa. Di P Sempu ini kita juga dapat melakukan Prewedding, salah satu tema-nya calon pasangan mempelai di naikkan perahu kecil yang kemudian di tarik oleh perahu besar.

Perahu Untuk Prewed

Watu Bagong

20 menit pertama perjalanan mengelilingi pulau ombak serasa tenang, namun setelah itu ombak yang lumanyan besar terus mengombang ambingkan perahu kami, mungkin juga karena ukuran perahu yang cukup kecil sehingga mayoritas dari kita merasakan mabuk laut. Dari percakapan kami dengan Bapak Nelayan ombak malah belum apa-apa, karena musim ombak besar jatuh pada kisaran bulan Desember sampai Februari dan para nelayan pun tidak berani untuk melaut. Nelayan sendang biru umumnya menjala ikan pada waktu sore hingga dini hari ini didasarkan pada keluar tidak ikan (ikan akan berwarna menyala atau tampak jika keadaan gelap)

Perahu yang disewa Para Pemancing

Selama perjalanan kami bertemu perahu-perahu yang di sewa untuk memancing. Yang sangat saya sayangkan kami tidak sempat mengambil foto lumba-lumba yang sedang bermain di Laut Selatan. Kurang lebih 1 Jam perjalanan, kami di hantarkan di sebuah pantai Waru-waru disalah satu sisi P Sempu yang menghadap langsung ke P Jawa. Disini banyak keluarga-keluarga menghabiskan waktu bermain di pantai ini.

Pantai Waru-waru

Sisi Luar Segara Anak

19 Comments:

Anonymous said...

Ayo, mente-mante, silakan beri comment untuk orang narsis ini hehehe!!

Tapi sebelumnya tak commen-in dulu ya!!

Sip Dech.
Kapan2 jgn lupa ngajaki aq ya!!!

from: 7an2ri

val said...

brur.. yang gambar paling bawah kok kaga ada keterangannya?

kalo pas sepi enaknya hari apa kesana ya?

liemredi said...

Hem gambar paling bawah bingung mau kasih nama apa. asal jepret aja.

hari sepi? hem mgkn bareng ma bule2 itu kali ditengah2 minggu.

pyor said...

Bagus, bagus! Sempu tetep ae menarik :) ndak cuma segara anakan ternyata yah! :)

aDhadi_touGh said...
This comment has been removed by the author.
Dolphinrider said...

btw di pulau waru2 itu boleh main2 brapa lama ya? Ditinggal ma nelayannya trus di jemput lagi?

liemredi said...

we can play at there as long as we like.. mau buka tenda juga boleh, wkwkwk...

pengalaman kami dulu, kita nego ke nelayan yg bawa perahu berapa menit minta dijemput. waktu itu kita cuman minta 15 menit doang. ok.

Nadyong:) said...

uuuuuwaaaa sempuuuuu! pgn ksanaaaaa^^

insyaallah 24juli nanti...berangkat dari sby, tar d mlg ketemu rombongan 10 org dr jkt... moga2 bisa dan cuaca cerah:)

renz47 said...

blog ente keren gan.... ane jadi pgn lagi traveling keliling indonesia kek nt. btw udah buat buku belum? klo belum buku in aja pasti laku, klo udah minta judulnya dong.

sus said...

thanks gan, berhubung ini blog rame2 kaga enak kalo dibuat buku.. lagian ini masih dikit banget infonya. thanks ya udah mampir.

rifky said...

nice one object...

untuk ke sempu tahun2 ini gmn kondisinya? soalnya sempet denger, sekarang udah ga dibuka lagi untuk umun dengan alasan apapun...sekarang bgmn keadaan perijinannya? coz, trakhir kesana tahun baru 2009...

om, mau nanya klo yang di pulau ombak, ombaknya bagus ga?

cek this blog: http://archsurfer.blogspot.com/

m@il said...

Ne q n genk jd pengen buktiin keindhanpulau sempu.....

kennedyfreedom said...

saya berencana bulan februari 2010 mau kesana, kira2 kondisinya gimana? aman ngga?
terima kasih...

tolong infonya ke
kennedyfreedom@gmail.com
ato ym :kennedyfreedom

Saimitara said...

wahh P.sempu ni yang akan kita jelajahi,tp setelah di baca lagi ternyata ke P sempu harus ijin dulu?? tolong di jelasin lg ijin apa, caranya gmna? tolong cz kita butuh infonya, oya ni email saya
saimi_tr4@yahoo.co.id

Rhea said...

Sepertinya seru.
boleh tahu rute perjalanan kalo dari surabaya?
naek apa saja dan harus turun dimana?
apakah bisa kemping juga? kalau misal tidak kemping apakah ada penginapan?

terima kasih

Anonymous said...

assalamualaikum..
Saya mau tau dong info info P.Sempu, kebetulan saya minggu depan akan berangkat, kemungkinan 3 orang dari bandung . mau tanya kl sekarang bayar masuk d sendang biru dan bayar perijinan skrg berapa ya ? sekalian sewa perahu kl buat nyebrang berapa ya ? Denger denger d sana udh ga buka untuk umum lg, apakah bener ?
mohon banget info nya ya teman-teman .
Thanks before :))

Anonymous said...

salam hangat buat semua sedulur perawat alam, bukan sekedar pecinta,hehe...

ane rencana 17feb 2012 berdelapan mau ke sempu, berangkat dari jakarta 17feb, ke malang dulu satu hari, baru 18/19nya cuss ke sempu,,,mungkin ada yang mau barengan, contac me 081575672020, thanks

amoer7 said...
This comment has been removed by the author.
amoer7 said...

Salam kenal....
saya ada rencana trip ke pulau sempu dan batu (malang) bersama 5 teman saya pd tgl 25-30 maret 2012.
Akan menghabiskan waktu 3 hari 2 malam di sempu (26-28 Maret 2012)

berangkat dari bandung.

Mohon info perijinan dan biaya dan cuaca saat ini di sempu.

dan rekomendasi transportasi dari malang ke sempu beserta tarifnya.

selain menikmati keindahan alam sempu, kami berencana melakukan bebersih sempu.
Semoga saja trash bag yg akan kami bawa masing2 tidak sampai terisi penuh ketika kita meninggalkan sempu.

Mohon bantuan info dan rekomendasinya.

Jika ada dari teman2 yang ingin bergabung, silahkan hubungi 08122040441

Maturnuwun Sanget