Thursday, August 07, 2008

Strasbourg

Mari kita jalan-jalan ke Perancis.

Strasbourg terletak di bagian utara Perancis yang berbatasan dengan Jerman. Aku masuk melalui Frankfurt, karena jarak dari Frankfurt ke Strasbourg lebih dekat dari jarak Paris - Strasbourg. Kalau kita naik mobil, waktu tempuh perjalanan kurang dari dua jam dari Frankfurt.

Strasbourg adalah kota kecil yang super indah! Modelnya kayak old town Eropa zaman dulu yang biasa kita lihat di TV-TV atau pas main The Sims. Bahasa yang digunakan adalah Bahasa Prancis campur sama Bahasa Jerman. Dan ada dialek tertentu yang namanya d'Alsace.

Kebanyakan orang-orang disini nggak bisa Bahasa Inggris. So better have some French vocabulary before going here! Aku mati kutu nih kalo orang2 udah mulai ngajak ngomong.

Oke... di jantung kota Strasbourg, ada yang namanya Petite France. Tempat ini kayak sample dari pedesaan Prancis. Lihat bentuk-bentuk rumahnya dan gimana mereka menghias rumahnya.





Di Petite France ini ada beberapa jembatan yang ditandai dengan... apa sih namanya bangunan tinggi yang misah-misahin area itu ya? Pokoknya kayak yang di bawah ini deh. Indah ya?



Oke trus agak jauhan dikit dari Petite France, kayaknya bisa naik tram deh kesini.... ada katedral yang tinggiiiiiii banget dan cantik abis! Namanya Cathédrale Notre-Dame-de-Strasbourg. Jangan tanya deh kenapa namanya Notre Dame juga. Padahal di Paris juga ada katedral Notre Dame. Bentuknya juga mirip-mirip gini.


Menurut Wikipedia, bangunan setinggi 142 meter ini tertinggi di dunia pada tahun 1647 sampai 1874. Dan pada tahun 2000 ada percobaan bomb di Christmas market di sekitar gereja ini oleh Al Qaeda. Tapi bisa dicegah oleh polisi Prancis dan Jerman.

Oya... Strasbourg juga terkenal sebagai kota Natal. Katanya sih... paling indah waktu natal. Jadi pengen liat juga in some December! Tapi duit oh duit...

Means of transportation.


Aku ga bisa bantu banyak karena aku kemana-mana diantar naik mobil. Ntar deh kuupdate kalo udah nyoba public transportationnya.

Tapi disini ada bis, dan untuk daerah dalam kota sendiri ada tram. Berhubung sekarang lagi summer, banyak orang naik sepeda kemana-mana. Bisa sewa sepeda juga. Mungkin alternatif terakhir ini yang paling murah berhubung 1 Euro sekarang sudah Rp 14,000-an.


Dan kalau kita mau main turis-turisan, ada boat yang mengelilingi kanal di sekitar Petite France. Harganya ga tau karena belum kucoba. Dan kayaknya aku ga nyoba. Tapi di boat itu kita bakal dikasih headphone dimana ada rekaman suara guide yang diputar saat mengelilingi beberapa tempat tertentu.


Makanan

Ada restoran enak nih... Namanya Chez Meme di daerah Ittenheim. Ini di daerah outskirtnya Strasbourg. Harga ga tau, tapi dari pakaian orang2 yang pergi kesana, kayaknya rada mahal. Tapi makanannya enak dan tempatnya comfy banget. Kalo lagi jalan-jalan ke daerah itu, boleh deh ngunjungin tempat ini.

Terus ada cocktail khas d'Alsace yang namanya Kir Royal. Kalo kamu suka minuman beralkohol dan pas pergi ke Strasbourg, WAJIB pesan ini. Enak banget!!

2 Comments:

anno' said...

wuichhh..deasin rumah ny akeren..n kotanya juga tenang banget...

Dolphinrider said...

kerennn Lala, nice post