Saturday, May 14, 2005

Telaga Sarangan

Telaga sarangan, terletak di Jawa Timur, hampir berdekatan dengan perbatasan Jawa tengah. Dari Kota Surabaya dapat ditempuh melalui rute-rute berikut, Surabaya-Mojokerto-Jombang-Kertosono-Nganjuk-Madiun/Ngawi-Magetan-Sarangan.
Sarangan adalah kota kecil dengan ketinggian lebih dari 1000m diatas permukaan laut, tentunya dapat dibayangkan bagaimana kondisi cuaca di kota ini. Pagi hari sekitar pukul 04.30 orang-orang sudah mulai beraktivitas, suasana pasar sudah hidup, pedagang sate kelinci pun berkeliaran di depan motel-motel yang bertarif sekitar Rp. 125.000,- per kamar (ini sudah merupakan tarip untuk motel yg lumayan bagus). Pagi yang sangat dingin tentunya, apalagi bagi orang Surabaya asli yang tiap harinya berteman dengan panas terik dan gerah. Yah, meskipun menggigil aku coba keluar dari penginapan keliling2 di Telaga Sarangan, telaga yang khas di kota itu, hiburan bermacam-macam di sekeliling Telaga, mulai Berkuda, Naik Kapal Boat dan keliling2 danau ataupun memancing.

keliling danau dengan boat


mancing di telaga sarangan

Pada malam hari kami mencoba memasuki daerah seberang danau, berjalan menyisir pelan-pelan berbekal Senter sebagai penerangan, karena memang jalan terasa sangat gelap gulita, sesekali terdengar derap langkah monyet2 kecil yang mengikuti dari belakang… mencari makan atau apalah, sebagai saran jangan bawa barang2 yang berwarna mencolok atau makanan2 kecil… karena monyet usil itu pasti langsung menjambret dan membawa hasil jambretannya keatas pohon. Dari seberang danau pemandangan terasa indah, kota sarangan terlihat gemerlap dengan lampu-lampu yang berwarna-warni.

sarangan dari seberang telaga di malam hari

Dari sarangan sebetulnya bisa lanjut keatas, Cemorosewu dan Tawangmangu, sayang saat itu kendaraan tidak memungkinkan kondisinya untuk menempuh jalan yang bermedan berat dengan kemiringan 35 derajat :((. Yah terpaksa kembali lagi ke Surabaya tercinta.

Posting by Valens

9 comments:

Anonymous said...

Tambahan info :

Kalau berwisata pada musim kemarau, air telaga biasanya sangat menyusut, sehingga yang tampak adalah dasar telaga yang berupa pasir. Oleh karena itu sering disebut telaga pasir sarangan. Air hanya berada di telaga bagian tengah.
Kalau berwisata di musim hujan, air telaga sangat berlimpah dan sangat cocok bagi pengunjung yang suka bermain perahu.

Sejak 1 tahun yang lalu, sudah dibangun jalan lintas gunung lawu (sarangan-tawangmangu) lewat cemoro sewu menggantikan jalur lama yang sangat curam. Sayang sampai saat ini jalan itu belum sepenuhnya selesai.

-Don-

Anonymous said...

Terimakasih Infonya, iya nih.. saya pernah melalui jalur yang curam itu, ngeri juga. Waktu itu rem sempet berasap & ada segerombolan orang nakut-nakutin kalo banyak kejadian masuk jurang dan nawarin di derek pake truk dengan harga 250rb menuju ke bengkel terdekat.

Pakdhe Arik said...

ada joke yg lucu dari temen2 smada angkt 2003 dulur……………………
“magetan megapolitan” magetan sekarang udah ajib bgt maju pesat sat……. sat………………
apalagi desa kulo sarangan Megapolitan hehehehehe
Kagem dulur yang mo nginep wonten Hotel alias PEnginapan ingkang ajib Hotel ARIKA

Monggo pinarak…… mumpung lebaran kan berlibur…….
ada nadzar kn blog nya nembe dadi sing nginep krn dpt info dari internete/ blog akan mendapatkan free speedboat keliling Telaga

kulo tguuuuuuuuu dulur

arox_move@yahoo.com
081 335 638612 / Bpk. Sujarwo(direktur)
0856 3300 167 / arix (admin http://hotelarika.wordpress.com)

@DY_supriyanto said...

perasaan telaga sarangan gak pernah abis airnya, sayang ya dalan tembus belum jadi. eh.... siapa yang tau lagunya didi kempot yang judulnya dalan tembus? nyanyinya sama bupati karanganyar itu, klo ada kirim email dong lagunya ke edmon_aja@yahoo.co.id ,,,soal aku nyari gak ada klo gak di jawa. pleas..........

robiul_setiawan@yahoo.co.id said...

kalo ke Sarangan paling enak nginep aja di Villa Priska. Selain harganya terjangkau n bisa dinego, tempanya jg bersih bgt pokoknya.

Anonymous said...

Villa Priska no telp dan alamatnya di mana..? Trims

arika said...

Hotel merupakan tempat untuk menginap dan bergembira, baik untuk acara liburan maupun dalam rangka tugas ke luar kota. Disinilah peran hotel untuk membantu anda menyediakan fasilitas penginapan agar kegiatan anda di kota ini nyaman dan tenang.

Hotel Kami di era teknologi informasi ini, mengembangkan suatu program aplikasi Managemen berbasis sosial kemasyarakatan yang dinamakan MANAGEMEN FAMILY (MAFA), yaitu Sistem Informasi dan Pelayanan berdasarkan konsep keluarga dan regenerasinya . MAFA ini nantinya akan menjadi pusat pelayanan dan sumber informasi masyarakat yang membutuhkan penginapan. Diharapkan dengan pengembangan MAFA ini mampu meningkatkan mutu pelayanan kami kepada masyarakat. khususnya terhadap keluarga dan kerabat,sanak saudara, sampai tingkat terendah keluarga.

Contac Person:

Sdr.Sudjarwo

Jl Raya Masuk Telaga Sarangan

(0351) 888 197 / 081 335 638612

Sdr. Arix

Email : arikahotel@yahoo.co.id

Perusahaan ARIKA HOTEL ini mulai berkembang sekitar Puluhan tahun yang lalu, dengan konsep Managemen Family mencoba untuk memberikan yang terbaik.

VISI :

“The best Visit For us”

Tempat yang terbaik untuk semua, selalu menjadi arti filosofi kami untuk costumer.

MISI :

Memberikan pelayanan yang paripurna kepada pengunjung dengan cara :
Pengunjung diperlakukan sebagai raja.
Memelihara dan meningkatkan pelayanan hotel yang bersih dan aman.
Membantu peningkatan devisa dan pariwisata daerah.
Menggerakkan roda perekonomian rakyat.
Layanan & Fasilitas Hotel
Berdiri dengan 3 Lt
15 kamar
Tv Colour
Musholla
Kamar Mandi dengan air panas dan dingin
Kota penyimpanan yang aman (gratis)
Layanan kamar 24 jam
Layanan laundry
Ruang pertemuan / serbaguna (aula)
Layanan taksi
Tempat parkir yang luas
check out no limits
speed boat
kuda
souvenir,baju batik,kaos (Bu. Martini)
Pemandangan View Telaga yg ajib………………..
Tipe-tipe Kamar & Harga Hotel ARIKA
Ruang Tidur Suite (per kamar):
Ruang tidur yang nyaman ditata secara apik berukuran besar,
tersedia single bed maupun double bed.
Harga 100.000 ; / day
Ruang Villa :
Didalam satu villa terdapat tiga kamar dengan saatu kamar mandi di dalam,
ruang tamu yang luas
Harga 150.000 ; / day

nb: Harga sewaktu-waktu bisa berubah tergantung kondisi dan hari-hari tertentu.

Dolphinrider said...

Ada lagunya itu campur sari (cak diqin dan wiwid) hahaha lagu lucu

sus said...

alamak.. doyan campur sri juga? :))

aku kok malah gak ngerti.. huhuhu.. *parah